Masyarakat Desa Sei Penggantungan Berharap Pembangunan Jembatan Di Penyeberangan Sei Jawi-jawi


Suasana Penyeberangan
LIMBONGSON - Warga Desa Sei Penggantungan sebagai warga desa yang paling ujung yang berbatasan langsung dengan selat malaka dan kabupaten Labura di daerah pesisir laut.

"Jika warga desa hendak ke Rantau Prapat sebagai ibukota kabupaten Labuhanbatu, maka warga desa harus melewati penyeberangan ini" ujar seorang warga.
"Bisa saja memang melalui sawit jaya, namun memakan waktu yang lebih lama, belum lagi jalannya yang berabu kalau musim kemarau dan becek kalau musim hujan" tambah warga lainnya.


Infrastruktur menuju Desa Sei Penggantungan
Hasil pengamatan kami bersama Gempaslatu (Gerakan Mahasiswa Pemuda Desa Labuhanbatu), ada 2 desa diseberang sungai bilah sebagai penyeberangan yang tergabung kedalam pemerintahan kabupaten Labuhanbatu. Desa tersebut adalah Desa Sei Jawi-jawi dan Desa Sei Penggantungan.

Kantor Kades Sei Penggantungan
Perjalanan dari simpang Sei Jawi-jawi harus naik ojek menuju dermaga penyeberangan, ongkosnya Rp. 10.000 dan dilanjutkan naik boat untuk menyeberang dengan ongkos Rp. 10.000 (Lebaran kemaren). 

Jika hari biasa dikenakan ongkos boat Rp. 5.000. Lalu dilanjutkan perjalanan menuju Desa Sei Penggantungan sekitar 20 KM dan 30 KM untuk dusun 5 Desa Sei Penggantungan.


Suasana Penyeberangan
Bagi pelaku usaha sperti grosir di Desa Sei Penggantungan, hal ini menjadi sesuai hambatan kelancaran transportasi. Seandainya saja ada jembatan mungkin cukup membawa pickup hingga ke Desa.

Namun akibat jembatan belum ada terpaksa transportasi yang sambung menyambung dan menyebabkan biaya transpotasi yang mahal.


Boat Penyeberangan
Desa Sei Penggantungan memiliki 8 Dusun dan begitu luas. Menurut Pjs. Kepala Desa Sei Penggantungan Bapak Hapipudin Harahap SE, jumlah penduduk 6.590 jiwa (2016) belum lagi ditambah jumlah penduduk Desa Sei Jawi-jawi.

Demikian hasil pengamatan ini kami dapatkan langsung dari Desa Sei Penggantungan pada tanggal 24 - 27 Juni 2017.

Dan info ini dapat dimanfaatkan hanya untuk hal-hal yang positif baik penelitian, observasi ataupun mungkin untuk tugas kuliah.

Baca juga :  Gempaslatu Menduga Rehabilitasi Jaringan Irigasi Rawa Di Desa Sei Penggantungan Asal-asalan

Sumber : Hasil Pengamatan Didesa Sei Penggantungan



Post a Comment

Silahkan beri komentar...

أحدث أقدم