Awal Mula Terbentuknya P2SKS (Persatuan Perantau SeiKubung SeiKramat) Desa Sei Penggantungan


LIMBONGSON - Berawal dari ide seorang anak perantau dari Sei Kubung yang bernama Sabar Parulian Limbong yang mengutarakan ide kepada temannya sekampung yang bernama Hottua Nainggolan pada tahun 2015.

Baca juga Acara Tahun Baru P2SKS 02 Januari 2017

Dan ingin menjalin komunikasi dengan sesama perantau Dusun 4 dan 5 Desa Sei Penggantungan. Dan dengan diskusi kecil masih berdua saja mereka pun sepakat untuk membentuk sebuah perkumpulan agar sesama anak perantau yang masih dari satu desa yang sama dapat bertemu sesering mungkin. 

Dari hasil diskusi tersebut terlahirlah P2SKS yang disingkat dari Persatuan Perantau Sei Kubung Sekitarnya.



Setelah terbentuknya perkumpulan tersebut kedua orang ini melakukan pendataan berapa banyak perantau yang berasal dari dusun dan desa yang sama.

Akibat sulitnya menemui secara langsung teman-teman sekampung mereka pun membentuk sebuah grup Facebook agar lebih gampang dalam berkomunikasi karena dapat dilakukan secara online dan tidak harus bertatap muka.

Baca juga Cerita Anak Kos

Lambat laun seiring waktu jumlah anggota grup facebook P2SKS pun semakin bertambah hingga puluhan orang dan sampai ratusan orang karena diisi juga oleh para perantau yang berada di luar kota Medan seperti Pematang siantar, Tanjung balai, Jakarta, Bekasi, Batam, dan lain-lain.



Agar sesama perantau tidak hanya berkomunikasi melalui media sosial, maka kedua orang pencetus ide tersebut pun mulai memikirkan bagaimana caranya agar sesama anggota bisa bertemu secara tatap muka.

Hottua Nainggolan pun membicarakan ide kepada Sabar Parulian Limbong untuk membentuk perayaan natal P2SKS dimana perayaan natal tersebut dilaksanakan di kampung halaman namun persiapan dan pelatihan perayaan natal tersebut dilakukan di Medan.



Tanpa banyak pikir akhirnya mereka pun mengabarkan berita bagus tersebut melalui grup facebook P2SKS, dan ternyata disambut baik oleh sesama anggota di grup.

Awalnya memang hanya dihadiri 15 orang dan secara perdana pertemuan itu diadakan di kediaman Sabar Parulian Limbong di Medan johor.

Baca juga Grup Facebook P2SKS Desa Sei Penggantungan, Labuhan Batu

Berlanjut ke pertemuan kedua yang diadakan di kediaman salah satu anggota yaitu Susi Shanty Panggabean di kampung lalang, anggota yang hadir pun semakin bertambah bahkan ada yang berasal dari Dusun V Sei Kramat dan masih satu desa di Desa Sei Penggantungan.

Melihat optimisme dan semangat anggota merekapun sepakat membentuk kepanitiaan perayaan natal P2SKS 2015.

Karena anggota yang ikut perayaan natal tersebut berasal dari Sei Kubung dan Sei Kramat maka nama perayaan natal adalah Perayaan Natal Persatuan Perantau Sei Kubung dan Sei Kramat (Perayaan Natal P2SKS).



Dengan demikian mulai bulan juni 2015 sampai desember 2015 perkumpulan ini rutin mengadakan latihan natal sekali sebulan dan bahkan bulan november ke desember dilakukan sekali seminggu.

Acara natal disepakati tanggal 29 desember 2015 di Gereja HKBP Sukarami I Sei Kubung Jalan blok III Desa Sei Penggantungan.

Puji Tuhan semua berjalan baik walaupun dengan anggaran biaya yang minim, maklum saja perkumpulan ini masih perdana dan belum memiliki uang kas yang dapat digunakan.

Baca juga  Desa Sei Penggantungan Butuh Perhatian Pemerintah

Walaupun demikian kepanitian natal tetap memegang teguh transparansi keuangan agar tidak menjadi dasar konflik sesama anggota baik pengurus.

Sejak itu semua anggota sepakat untuk tetap mempertahankan nama perkumpulan P2SKS (Persatuan Perantau Sei Kubung dan Sei Kramat) dan tetap menjaga komunikasi yang baik sesama anggota dan juga anggota ke pengurus BPH.

Oleh: Admin

Post a Comment

Silahkan beri komentar...

أحدث أقدم