Pembangunan Monumen Limbong Mulana, Semoga Menjadi Menara Api


LIMBONGSON.MY.ID - Kenegerian Limbong Sagala, berada di Sianjur Mulamula, Samosir, Sumatera Utara (Nort Sumatera).


Saat ini di Sagala (Kenegerian Sagala) sedang dibangun Monumen (Tugu) Sagala Raja, dan di Limbong (Kenegerian Limbong) sedang dibangun Monumen Limbong Mulana.


Pembangunan Monumen ini bagus bila motifasi pendiriannya bukanlah untuk menara gading, tetapi menara api.


Sebagai menara api, maka fungsinya dapat mencerahkan, yang dapat dijadikan sebagai pusat kebudayaan batak, disekitar Monumen sebaiknya disediakan perpustakaan yang dapat dijadikan rujukan sebagai Batak Center.



Selain itu, juga perlu disediakan ruang untuk mengekspresikan seni budaya Batak berupa panggung pertunjukan, secara reguler dapat dilakukan pementasan musik, opera batak, maupun bentuk-bentuk seni budaya Batak yang sangat bernilai.


Monumen ini menjadi terasa manfaatnya bila pada akhirnya juga menjadi 'hidup' sebagai pusat-pusat kajian kebatakan.


Mengingat bahwa sejarah Batak itu 'kelemahannya' adalah tidak dalam bentuk tertulis, hal-hal lisanlah yang sangat mendominasi, jika pada akhirnya ada studi antropologi dan arkeologi maka Monumen (Tugu) ini menjadi sumber atau tempat menemukan hasil-hasil studi itu, dan akan sangat menarik dikunjungi bila tempat ini menjadi semacam Museum kebudayaan Batak.


Tanpa motifasi menara api, maka Monumen ini akan berdiri sebagai tegakan campuran semen dan tulangan baja saja, tidak menarik jika hanya sebagai menara gading.


Ayo ke Sianjur Mulamula, Pusuk Buhit, Samosir.



Penulis : Hasudungan Limbong 
Editor : Parulian Limbong
Poto : Lokasi Monumen

Post a Comment

Silahkan beri komentar...

أحدث أقدم