Mau Lihat Keindahan Danau Toba dari Atas? Yuk, Mendaki ke Puncak Pusuk Buhit Samosir


Saya bersama Perkumpulan Naposo Naimarata Medan di Puncak Pusuk Buhit


LIMBONGSON.MY.ID - Samosir sebuah kabupaten yang memiliki wilayah ditengah-tengah Danau Toba. Namun sebagian wilayah pemerintahan kabupaten Samosir berada di luar pulau samosir dan dihubungkan oleh tano ponggol.


Kecamatan Sianjur Mula-mula dan kecamatan Harian yang dihubungkan jembatan tano ponggol adalah 2 kecamatan yang termasuk kedalam pemerintahan kabupaten Samosir.


Di kecamatan Sianjur Mula-mula terdapat dataran tinggi dan disebut dengan nama Pusuk Buhit.


Tempat ini terbilang sakral dan memang warga sekitar ataupun warga batak lainnya diperantauan juga menganggap Pusuk Buhit sebuah tempat yang sakral.


Memandang Pulau Samosir dari Puncak Pusuk Buhit


Jika ingin menuju puncak Pusuk Buhit maka kita harus siap capek dan pastinya stamina pasti terkuras. Akses jalan kaki menuju puncak sangat menantang karena hanya setapak dan kiri kanan ditumbuhi berbagai macam rumput.


Adapun waktu yang diperlukan menuju puncak sekitar 4 - 5 jam tergantung pribadi masing-masing. Disepanjang perjalanan, dilereng gunung Pusuk Buhit kita akan melihat tanaman kopi masyarakat.


Hal ini terkadang membuat saya salut cara kerja masyarakat, menilai cara mereka mengangkut hasil tanaman kopi dari lereng gunung.


Himbauan Menjaga Kebersihan


Pada lereng gunung, kita akan menemukan sebuah persinggahan namun tanpa atap, Hanya berupa dataran yang sudah di cor semen.


Informasi yang saya dapatkan cor semen ini adalah bekas persinggahan helikopter yang sempat dibangun pemerintah namun tak dilanjutkan penggunaannya setelah ada saran dari para tokoh spiritual.




Mulai dari bawah hingga puncak, kita dihadapkan pada beberapa tuntutan yaitu harus menjaga tata krama berbicara dan berprilaku.


Hal ini untuk menghindari hal-hal mistis yang luar akal manusia, dan hal ini sangat diyakini dapat terjadi pada pribadi yang seolah ingin menantang.



Penulis: Bung Lian
Editor: Redaktur




Visit Samosir

Post a Comment

Silahkan beri komentar...

أحدث أقدم