Segarnya Aek Guguk di Desa Sarimarihit Kenegerian Limbong Berpotensi Menjadi Tempat Wisata



LIMBONGSON.MY.ID - Mata Aek (mata air) Guguk ini berada di Desa Sarimarihit Kecamatan Sianjur Mulamula Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.


Sampai sekarang mata air ini masih digunakan sebagai sumber mata air minum dan juga MCK.


Saat ini sudah ada sebahagian masyarakat yang mengalirkan langsung dari sumber mata air ke rumah masing-masing.


Setiap olah raga pagi dari Lumban Sosor, Arsam, Singkam, saya melintasi persawahan Singkam dan Aek (air) Guguk.


Tanjakan dari persawahan menuju Aek (air) Guguk cukup membuat nafas terengah-engah (tersengal-sengal), disaat itulah saya berhenti sejenak, dan singgah di Aek (air) Guguk.


Saya langsung mencuci muka dan terasa kesegaran air pegunungan ini yang kaya akan oksigen.


Saya membayangkan bila turis domestik maupun mancanegara ber-olah raga pagi melalui rute ini dan kemudian singgah di Aek (air) Guguk menikmati sarapan pagi seperti makan Mi Gomak, Lapet (Ombus-ombus), Pohul-pohul, Kopi Susu ala Samosir, Tes (Teh)  Manis, dll.


Kemudian dilanjutkan mandi di pancuran Aek (air) Guguk ini, maka itu akan sangat nikmat sekali, sembari menikmati keindahan alam dan udara segar.


Bukanlah hal yang sulit bila kelak disekitar Aek Guguk ini muncul kegiatan perekonomian masyarakat dengan jualan kuliner yang representatif, ada cafe berupa tea corner atau coffee corner yang menyediakan kuliner tradisional Samosir, hasil olahan pangan berbasis sumber-sumber lokal, makanan organik yang dibudidayakan disekitar Sianjur Mulamula, Semogalah.


Ayo ke Sarimarihit, Sianjur Mulamula, Pusuk Buhit, Samosir.



Editor : Parulian Limbong
Poto : Penampakan Air Guguk

Post a Comment

Silahkan beri komentar...

Lebih baru Lebih lama