Apa itu Integritas ?



Ditulis oleh : Parulian Limbong

Berbicara tentang integritas adalah hal yang mungkin sudah diketahui oleh teman-teman sekalian, namun jika merujuk pada ungkapan para ahli ada beberapa yang mungkin bisa kita baca :

Menurut Ippho Santoso, integiras sering diartikan sebagai menyatunya pikiran, perkataan dan perbuatan untuk melahirkan reputasi dan kepercayaan. Jika merujuk dari asal katanya, kata integritas memiliki makna berbicara secara utuh dan lengkap / sepenuh – penuhnya.


Menurut Henry Cloud, ketika berbicara mengenai integritas, maka tidak akan terlepas dari upaya untuk menjadi orang yang utuh dan terpadu di setiap bagian diri yang berlainan, yang bekerja dengan baik dan menjalankan fungsinya sesuai dengan apa yang telah dirancang sebelumnya. Integritas sangat terkait dengan keutuhan dan keefektifan seseorang sebagai insan manusia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian integritas adalah mutu, sifat, dan keadaan yang menggambarkan kesatuan yang utuh, sehingga memiliki potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran.

Lalu bagaimana dengan integritas kita masing-masing, apakah sudah benar menurut pengertian-pengertian diatas ?. Sering sekali kita jumpai atau mungkin diri kita sendiri tidak sesuai perbuatan dengan apa yang kita katakan. Kita mengatakan itu tapi dihari berikutnya kita tidak melakukannya bahkan melakukan ini.

Integritas pada setiap manusia bukanlah sesuatu yang egois namun sesuatu yang menunjukkan bahwa kita adalah manusia yang berkarakter dan patut ditiru dalam hal berbicara serta bertindak. Menurut saya ada beberapa profesi atau sebut saja pekerjaan yang menuntut integritas yang tinggi, contohnya :
*Uztad
*Pendeta
*Dosen/Pendidik
*Manager
*Presiden
*dll

Orang-orang yang paling banyak dituntut memiliki integritas tinggi ialah mereka yang kebanyakan berhadapan dengan orang lain sebagai teladan.

Post a Comment

Silahkan beri komentar...

Lebih baru Lebih lama